Kamis, 02 Januari 2014

Cara Merawat dan Membersihkan Harmonika

Penulis:  Bismi Farhan

       Harmonika memiliki strip tipis dari logam yang jika bergetar maka akan menghasilkan suara. Ukuran bagian ini sangat tipis, sehinga jika ada kotoran yang menyangkut akan membuat suara yang dihasilkan harmonika menjadi tidak bagus.

       Berikut ini adalah 8 hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga harmonika anda tetap bersih :

  1. Jangan makan sambil memainkan harmonika Anda.  Hal itu jelas akan membuat sisa makanan dari mulut Anda akan menetap di dalam harmonika
  2. Jangan minum minuman yang lengket, atau pun minuman berat sebelum bermain.
  3. Akan lebih baik jika berkumur-kumur atau bahkan menyikat gigi jika perlu, sebelum bermain harmonika.
  4. Tempatkan/letakkan harmonika Anda di dalam kotaknya atau di tempat bersih lainnya saat tidak dimainkan.
  5. Dikarenakan ukuran harmonika yang kecil, jadi perhatikan bahwa jangan meletakkanya sembarangan, sehingga bisa saja terduduki, terinjak, atau malah lupa Anda lupa meletakkannya di mana.
  6. Usahakan untuk menghadapkan bagian bawah harmonika kebawah setelah dimainkan.  Hal ini bisa membantu mengeluarkan air liur yang mungkin ada di dalam harmonika saat kita memainkan sebelumnya.
  7. Jangan pernah membiarkan orang lain memainkan harmonika Anda. Yah..kecuali itu adalah seseorang yang tidak berkeberatan (dan tentunya Anda tidak keberatan) untuk berbagi harmonika.
  8. Pastikan anda menempatkan harmonika suatu tempat di yang nyaman dan sedekat mungkin dengan Anda, jadi Anda bisa memainkannya sesering mungkin.

2 komentar:

  1. iyy :D bener juga, selai harmonika, seruling juga sama, kak. Kalo punya sendiri lebih nyaman dipake, jangan asal dipinjemin sama orang lain :D

    BalasHapus