Jumat, 17 Januari 2014

Resensi Musik (Soca Dengar): Simfoni Satwa--Paket Lengkap Dwibahasa Cita Rasa Indonesia

Penulis:  Shelma Aisya
Diterbitkan di:  Majalah SOCA
17 Januari Tahun II 2014

     Di tengah sulitnya mencari lagu anak untuk kita dengarkan, kakak-kakak dari DTS Voices membuat sebuah paket lengkap yang bisa kita dapatkan dari paket CD Simfoni Satwa, atau versi bahasa Inggrisnya The Animal Symphony.
     CD Simfoni Satwa memuat 12 track:  11 lagu satwa dan 1 track bonus berisi dongeng fabel.  Kesebelas lagu tersebut adalah Gajah, Orang Utan, Lebah Giat Bekerja, Merak Jantan, Lumba-Lumba, Tapir Sumatera, Elephants, Orangutans, The Hardworking Bees, The Peacock, dan Sumatran Tapirs.  
       Antara lagu berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris memang merupakan lagu yang sama, hanya liriknya saja yang berbeda.  Misalnya Merak Jantan, musiknya memang sama, hanya saja The Peacock dibawakan dalam bahasa Inggris.  Lagu ini menjadi lagu yang memiliki keunikan tersendiri di antara 11 lagu lainnya.  Mendengarkan Merak Jantan, kita seperti berada di tengah hutan rimbun dengan udara segar, karena aransemen dibuat akustik dengan nuansa alam Indonesia.
     Meski begitu, 10 lagu lainnya tak kalah enak untuk kita nikmati.  Semua aransemen dalam album Simfoni Satwa bisa dibilang easy-listening, sehingga tetap asyik meski diputar berkali-kali, juga liriknya mudah diingat.
     Selain mudah diingat, liriknya menambah pengetahuan kita tentang dunia satwa, terutama tentang hewan yang dijadikan judul lagu.  Di Lumba-Lumba, kita jadi tahu kalau mamalia lucu itu berkomunikasi dengan sesamanya dengan sistem sonar, menggunakan gelombang suara bawah air yang dipancarkan dan dipantulkan.
     Dan tentu saja kita sekaligut belajar bahasa Inggris.  Buku Aktivitas memuat permainan sederhana yang seru, seperti menyusuri kata, mewarnai, teka-teki silang, dan tidak ketinggalan kerajinan tangan.  Terdapat pula dua cerita fabel dwibahasa (Indonesia-Inggris).
     Di track dongeng, yang berjudul Rahasia Seruling Bisu, juga diselipkan dialog bahasa Inggris lewat tokoh harimau putih India bernama Arundhati.  Selain itu, diselipkan pula istilah-istilah yang sering kita dengar seperti ciyus, miyapah, ma'aci, lebay, dan kasih tau gak ya...  Meski begitu, dongeng ini tetap bercita rasa Indonesia, karena Sahabat bisa mendengar hewan-hewan berbicara dengan logat daerah Jawa, Batak, Madura, dan Sunda.  Asyik sekali, kan?  Kita bisa bergembira, sekaligus mendapat ilmu pengetahuan.  Sesuai dengan kepanjangan nama DTS Voices yaitu Dengar, Tiru, Serap.  Sementara voices berarti suara-suara.  Jadi dengarlah lagu-lagunya, ikutlah bernyanyi dan serap ilmu yang disuarakan di setiap lagunya.  Selamat mendengarkan CD Simfoni Satwa.

2 komentar:

  1. Pernah baca istilah arundhati dari blog temen, tapi aku baru tau kalo itu dari india. Lagu berbahasa inggris memang perlu untuk dikenalkan pada anak2 ya, kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Dan harus dengan tata bahasa yang baik dan benar, Mbak. ;) Lakh-lakh shukriya

      Hapus