Senin, 05 Agustus 2013

Proses Kreatif Kolaborasi Ketiga 2R: Dari Ikan Bilih ke Earth Hour

Penulis:  Ronaldi
1.  MELODI & LIRIK

     Earth Hour adalah adalah lagu kolaborasi ketiga antara Ronaldi & Ratih Soe (2R) dalam DTS Voices setelah tembang Tapir Sumatera & Cendrawasih.  Melodinya diciptakan oleh Ronaldi pada tanggal 21 Oktober 2012, untuk menyalurkan aliran deras rock 'n roll di dalam otaknuya.  Melodi tersebut kemudian dikirimkan kepada Ratih Soe.  Berikut petikan chat 2R di Facebook:

Minggu 21 Okt '12 pukul 15: 35--Rat, ini alternatif untuk lagu Ikan Bilih. Kalo mentok dan ngga ketemu ketemu syair yang pas, gimana jika untuk sementara lagu ikan bilih atau yang lainnya di ganti sama lagu yang ini? Gw baru dapet ide nada lagunya tadi siang nih, Rat. Asyik ngga lagu?

Senin 22 Oktober '12 pukul 06: 41 Wah, Ikan Bilih enakan yang melodi Minang lo tempo hari.  Sori gw belom bisa nyambungin ama syairnya.  Sabar menanti ya. Yang ini aja gimana? Belajar Mandiri. Hope, you like it, bro!

     Ronaldi begitu bersemangat & menyukai lirik yang di tulis Ratih Soe sehingga tanggal 27 Oktober '12 pukul 11:23 Ronaldi segera mengirimkan rekaman demo semi track dengan lirik lagu Belajar Mandiri melalui grup tertutup DTS Voices di Facebook.

2.  LIRIK BARU & ARANSEMEN

     Tanggal 1 Januari 2013 saat latihan rutin, Ronaldi, Fachri, Bagas, Dewi & Ratih berkumpul di markas DTS Voices.  Rupanya diam-diam Ratih sudah mengganti lirik Belajar Mandiri dengan lirik Earth Hour. Syukurlah gayung bersambut.  Ronaldi sebagai penulis melodinya ternyata lebih menyukai lirik baru tersebut karena dirasa lebih pas dengan iramanya.
     Saat memainkan lagu ini bersama, aransemen yang sudah dibuat Ronaldi disempurnakan.  Selain itu, nada dasarnya juga harus diganti.  Lagu yang semula dinyanyikan oleh Ronaldi pada nada dasar E dirasa terlalu rendah untuk vokal Dewi, sehingga digeser ke A. Setelah beberapa kali putaran, Dewi merasa nada dasar A terlalu tinggi.  Akhirnya kami sepakat memainkan lagu ini di nada dasar G = do. 
     Perubahan bukan hanya terjadi pada lirik lagu dan aransemen musik dan vokal.  Notasi di awal bait yang semula ri - do - do - fi - do - do - ri diubah oleh Ratih menjadi do - le - do - le - do - fa - ri karena notasi awal sama persis dengan lagu marinir AS saat berlatih fisik dalam formasi.  Atas nama kesempurnaan karya, Ronaldi menerima masukan itu dengan lapang dada.  
     Aransemen lagu ini terus berkembang sebelum diputuskan final beberapa hari menjelang tampil di IPB dalam acara Green Living.  Saat itu Fery, Fachri, Ronaldi, Dewi & Andhika berkumpul dan berlatih dengan penuh semangat untuk membawakan lagu itu. Akhirnya diputuskan bahwa notasi pada bridge diulang berkali-kali pada tengah dan akhir lagu itu.
     Pada hari itu sinergi terjalin dengan sangat baik.  Melodi, lirik dan aransemen berpadu selaras dan hasilnya adalah komposisi Earth Hour, sebuah lagu yang mengajak para pendengar untuk menghemat energi listrik untuk melestarikan bumi melalui irama menghentak yang penuh tenaga. 

3. PUBLIKASI
     Lagu ini pertama kali diperdengarkan pada khalayak pada acara Green Living di GBB-IPB sebagai lagu pertama dalam dongeng musikal Pesta Seru Haru yang dibawakan DTS Voices di hadapan siswa-siswa SD Dramaga 03-05 dan para mahasiswa IPB serta penonton umum, dan mendapatkan sambutan yang sangat meriah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar