Kamis, 07 Maret 2013

Lebah Giat Bekerja: Terinspirasi Suara Serangga

Penulis: Bambang Irwanto

IDE & EKSEKUSI
      Dalam rangka menjalani proses seleksi menjadi penulis lagu DTS Voices, saya harus mengerjakan tugas percobaan dari Ratih Soe yaitu menulis lagu tentang lebah dan ikut seleksi lagu untuk album Simfoni Satwa.  Sejenak saya berpikir, kira-kira lagunya seperti apa, ya? Saya lalu teringat kalau lebah itu giat bekerja mengumpulkan nektar untuk dibuat madu. Kebetulan, saya juga baru membaca dongeng Erna Fitrini di Bobo tentang dengungan lebah yaitu “Bel yang Hilang”. Ada satu kata yang membuat saya tertarik yaitu “Ngung-ngung”. Ya, itu suara lebah.
     Tiba-tiba suara dengung itu mengalirkan rangkaian nada dan kata di dalam kepala begitu saja. Dalam sepuluh menit, lirik dan melodinya sudah mulai menemukan bentuk. Karena saya tidak tahu cara menulis not, maka saya langsung merekam suara saya dengan HP. Setengah jam kemudian, selesailah lagu itu. Sorenya, lagu itu langsung saya kirimkan.


VERSI BAHASA INGGRIS & ARANSEMEN
     Oleh Ratih, lirik lagu Lebah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, judulnya menjadi The Hardworking Bees.  Maka dari satu melodi, lahirlah dua versi lagu.  Aransemennya dikerjakan oleh Ronaldi dan Fachri di ruang musik SMP 52, saat istirahat mengajar.  Menjelang rekaman di studio, aransemen ini kemudian disempurnakan oleh Fachri dan Fery.  Saat pertama mendengarnya
versi terakhir lagu saya dengan aransemen yang makin cantik dan rapi, serta vokal merdu Alia, saya terharu. 

PUBLIKASI
      Lagu Lebah Giat Bekerja, pertama dipublikasikan saat acara ulang tahun anak. Waktu itu Ratih SMS saya, meminta izin lagu lebah dinyanyikan di acara ulang tahun itu. Tentu saja boleh dan saya senang sekali.
     Untuk pertama kalinya, lagu ciptaan saya dibawakan oleh DTS Voices, dengan formasi Kak Ratih pada vokal dan Kak Bagas pada gitar.  Setelah terpilih menjadi salah satu lagu yang akan diproduksi di dalam album Simfoni Satwa, liriknya kemudian diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh Kak Ratih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar