Senin, 12 September 2011

Efek Musik dan Perkembangan Anak

Penulis:  Mira Julia


Anak dan Musik


Anak-anak adalah pecinta musik yang alami. Anda putarkan musik, mereka akan tertarik, bergoyang, dan mencoba mengikuti iramanya.

Banyak sekali keuntungan yang diperoleh anak jika mereka terekspos secara luas dengan musik. MenurutJovanka Ciares and Paul Borgese, selain kreativitas dan kemampuan bermusik, aspek-aspek lain yang berkembang dalam proses mendengarkan dan belajar musik, antara lain:


a. Konsentrasi

Belajar alat musik akan membantu anak mengembangkan konsentrasinya karena mereka harus belajar memfokuskan diri pada sebuah kegiatan khusus dalam jangka waktu tertentu. Kemampuan konsentrasi akan membantu perkembangan anak di bidang lain, termasuk perkembangan mereka di sekolah.

b. Koordinasi

Berlatih alat musik akan meningkatkan koordinasi tangan-mata (hand-eye coordination) pada anak. Sambil membaca notasi musik atau memperhatikan contoh dari guru, anak-anak memainkan alat musiknya. Respon dan koordinasi beberapa indera itu sangat penting untuk menjalani berbagai aktivitas kehidupan.

c. Relaksasi

Mendengarkan musik adalah terapi yang membuat hati dan pikiran menjadi lebih relaks. Para ahli mengetahui bahwa beberapa jenis musik menimbulkan efek relaksasi karena menurunkan detak jantung dan tekanan darah.

d. Kesabaran

Saat mempelajari alat musik, anak-anak belajar kesabaran dan kesungguhan karena prosesnya tidak bisa berlangsung instan. Latihan musik akan membuat perkembangan mental mereka lebih matang dan itu akan membawa manfaat besar untuk kehidupan mereka saat dewasa.

e. Kepercayaan Diri

Kemampuan bernyanyi dan bermain alat musik yang didukung oleh apresiasi dari orangtua dan sekitar akan membangun kebanggaan dan kepercayaan diri pada anak. Ketika anak semakin terampil, kepercayaan diri itu akan memicu kemampuan untuk mengekspresikan diri sendiri dan kreativitas, yang memicu perkembangan kemampuan berkomunikasi mereka saat lebih besar.

1 komentar:

  1. Sebetulnya kalo kita mau baca lagi lebih mendalam sebuah buku yang berjudul Mozart Effect yang ditulis oleh Don Campbell musik juga sangat berpengaruh terhadap kreativitas & sensitivitas anak. Seorang anak yang terbiasa membuat suatu lagu dengan berbagai aransemen pasti akan memiliki kreativitas yang jauh lebih tinggi daripada yang hanya sekedar memainkan musik.

    Selain itu juga anak yang terbiasa memainkan alat musik dengan menggunakan perasaan memiliki feelingful intelligence yang lebih terasah daripada dimensi kecerdasan yang lain seperti numerikal, ruang verbal, dst

    BalasHapus