Senin, 11 April 2011

Atas Nama Akustik Ruangan


Pengalaman menggarap materi audio "I Love Reading" membuat kami tahu bahwa hasil rekaman dengan suara bening tidak selalu harus dilakukan di studio yang sewanya dibayar per jam. Wahai teman-teman yang baik, ketahuilah bahwa alat perekam bernama digital voice recorder itu bisa didapatkan di toko-toko komputer dan kisaran ukurannya mulai dari sedikit- lebih-besar-dari-USB hingga tidak-lebih-besar-dari-ponsel.


Meskipun demikian, ada trik-trik khusus agar alat tersebut dapat menangkap suara secara maksimal. 
  • Tutup rapat semua pintu dan jendela serta matikan pendingin ruangan atau kipas angin.  Ini untuk menghindari polusi suara.
  • Katakan pada penghuni rumah bahwa Anda akan melakukan rekaman.  Ini untuk menghindari panggilan-panggilan nyaring atau tawa membahana.
  • Matikan ponsel.


Jika Anda ingin merekam suara:
A.  MANUSIA (baik dialog maupun vokal), HARMONIKA atau SULING
  1. Pilih "voice."
  2. Letakkan benda dengan permukaan lunak (bantal, guling, kasur bayi, bantalan kursi, dll) di depan mulut Anda untuk meredam gema.  
  3. Jika suara Anda keras dan ruangan Anda tidak lebih dari 2x3, letakkan alat perekam di jarak satu meter, letakkan alat perekam di belakang kepala Anda dengan jarak + 1-2 meter.  Ini untuk menjaga agar suara Anda tidak pecah.
  4. Jika suara Anda lirih, Anda boleh meletakkan alat perekam di jarak + 40 cm dengan posisi di samping mulut, jangan di depan.
B:  GITAR atau KIBOR
  1. Jika gitar/kibor Anda terhubung dengan kabel sound, Anda tinggal menekan memilih "music" lalu merekam permainan Anda.  Anda tidak perlu menutup rapat ruangan karena polusi suara tidak akan masuk.
  2. Jika gitar Anda tidak ada colokannya dan kibor Anda jadul, Anda haru menutup rapat ruangan.  Pilih "sound."
C.  PERKUSI
  1. Pilih "voice"
  2. Letakkan benda dengan permukaan lunak (bantal, guling, kasur bayi, bantalan kursi, dll) di depan alat perekam agar suara tidak pecah.  
  3. Letakkan alat perekam di jarak 1-2 meter, di belakang kepala pemain.
D.  PIANO
  1. Pilih "voice"
  2. Letakkan alat perekam di jarak 4-5 meter dari piano.
  3. Jika Anda terpaksa meletakkan alat perekam di jarak yang lebih dekat, bermainlah dengan lebih lembut agar suaranya tidak pecah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar